Apakah Benar PAGE FILE Bisa Buat Gantiin RAM ?

Posted on

Apakah Benar PAGE FILE Bisa Buat Gantiin RAM – Taukah Kamu kalau Windows menggunakan pagefile untuk menyimpan data yang tidak bisa disimpan oleh RAM ketika penuh? Contoh sistem dengan kapasitas RAM 16 GB, kolom committed menunjukkan bahwa sistem ini memiliki 18,5 GB memori tersedia. Angka ini adalah jumlah total dari kapasitas RAM dan pagefile.

Apakah Benar PAGE FILE Bisa Buat Gantiin RAM

Tentang PAGE FILE

Pagefile atau biasanya juga dikenal sebagai virtual memory, mengacu pada file sistem yang digunakan oleh sistem operasi Microsoft Windows untuk mengelola memori virtual. Memori virtual adalah teknik manajemen memori yang memungkinkan komputer menggunakan sebagian ruang hard drivenya seolah-olah itu menjadi RAM tambahan. Hal ini memungkinkan komputer bisa menjalankan lebih banyak aplikasi dan menangani kumpulan data yang lebih besar dibandingkan dengan RAM fisik saja.

PAGE FILE

Saat pengguna membuka program, sistem operasi biasanya mengalokasikan satu blok memori dalam RAM untuk digunakan oleh program tersebut. Namun jika program memerlukan lebih banyak memori daripada yang tersedia di RAM, sistem operasi akan mulai menyimpan data dari program di pagefile.

Ketika program perlu mengakses data yang disimpan dalam pagefile, sistem operasi akan menukarnya kembali ke RAM. Nah, proses pertukaran data antara RAM dan file halaman disebut paging.

Cara Kerja PAGEFILE

Memori Virtual

Sistem operasi menciptakan ruang alamat virtual yang lebih besar dari RAM fisik yang tersedia. Ruang alamat virtual ini dibagi menjadi potongan-potongan kecil berukuran tetap yang disebut “paging”.

Pagefile

ini menjadi bagian khusus dari ruang hard drive komputer yang berfungsi sebagai cadangan atau perpanjangan dari RAM fisik. Ketika RAM fisik terisi penuh, sistem operasi memindahkan data yang lebih jarang digunakan dari RAM ke file halaman untuk mengosongkan ruang di RAM agar lebih banyak data aktif.

Page Swapping

Proses pemindahan data antara RAM dan file halaman ini dikenal sebagai “paging” atau “penukaran halaman”. Sistem operasi terus memantau data mana yang sedang digunakan dan membuat keputusan tentang apa yang harus disimpan dalam RAM dan apa yang akan dipindahkan ke file halaman.

Fungsi PAGE FILE

  1. Memungkinkan komputer bisa menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan dibandingkan hanya dengan RAM fisik yang tersedia.
  2. Bisa sebagai jaring pengaman untuk situasi di mana ketika kapasitas RAM fisik penuh, pagefile dapat mencegah sistem crash.
  3. Bisa memfasilitasi penggunaan RAM fisik secara efisien dengan memindahkan data yang jarang diakses ke penyimpanan yang lebih lambat.

Hanya Buat KAMU TAU

Secara default pagefile diatur otomatis oleh Windows berdasarkan konfigurasi komputer dan RAM yang terpasang. Tetapi kalau kamu mengalami lag atau pernah mendapat BSOD dengan kode PAGE_FAULT_ IN_NONPAGED_AREA atau KERNEL_DATA_INPAGE_ ERROR, kamu mungkin perlu mengatur besar pagefile secara manual.

PAGE FILE MEmory

OH IYA…

pagefile memungkinkan kamu menjalankan lebih banyak program daripada yang mungkin dilakukan jika kapasitas RAM yang terpasang terbatas. Namun, penting untuk diingat kalo fitur ini bukan alternatif untuk menambah memori jika kamu sering menggunakan aplikasi edit foto dan video. Untuk kasus ini, kamu perlu upgrade RAM fisikmu untuk menambah memori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *