AMD bersiap Luncurkan prosesor “AMD EPYC TURIN” Dengan 128 Core ZEN 5

Posted on

AMD bersiap Luncurkan prosesor “AMD EPYC TURIN” Dengan 128 Core ZEN 5 – AMD bersiap untuk meluncurkan seri baru prosesor EPYC, memperkenalkan model Turin Classic dan Turing Dense dengan mikroarsitektur Zen5. Prosesor ini memiliki hingga 128 core Zen5 atau desain 192 Zen5c. Khususnya, seri CPU mendatang akan mendukung memori DDR5-6000, bersama dengan standar CXL 2.0 dan PCle Gen5. Namun mereka akan menjaga kompatibilitas soket dengan soket SP5 yang ada.

AMD EPYC TURIN

Dalam bocoran yang beredar menampilkan CPU baru dari berbagai sudut, mengungkapkan bahwa tidak ada perubahan desain dari seri Genoa (Zen4) sebelumnya. Namun, perubahan mencolok terletak pada warna braket yang digunakan untuk transportasi dan pemasangan soket, kini menggunakan rona biru yang khas.

Bersamaan dengan bocoran gambar tersebut, Yuuki (hardware leaker) telah membagikan dua diagram yang mengonfirmasi tata letak CPU yang akan datang. Desain EPYC klasik diatur untuk menampilkan satu cetakan IOD dan 16 CCD, sedangkan varian padat memilih 12 CCD. Setiap chiplet komputasi akan menampung cache L3 sebesar 32 MB, sehingga menghasilkan cache L3 maksimum kumulatif sebesar 512 MB.

Foto diposting Oleh leaker populer YuuKi_AnS, yang lebih dahulu pula menerbitkan foto prosesor server AMD EPYC Genoa. Foto baru menampilkan kalau prosesor EPYC Turin tidak berbeda tampilannya dengan pendahulunya. Serta ini tidak seluruhnya mengejutkan: CPU Turing memakai soket SP5 yang sama dengan EPYC Genoa. Braket pemasangan plastik sudah berganti warna jadi biru.

Potret- potret tersebut diiringi dengan diagram 2 jenis EPYC Turin yang berbeda. AMD hendak merilis 2 varian server CPU- nya di Turin kali ini. Prosesor EPYC Turin Classic“ Reguler” setelah itu ditenagai optimal 128 core Zen 5, dimana chip Genoa dikala ini optimal 96 core Zen 4. AMD pula hendak muncul dengan varian padat yang mempunyai optimal 192 core Zen 5c. Dikala ini, perancang chip pula menawarkan chipset EPYC Bergamo, dengan sampai 128 inti Zen 4c.

AMD hendak bergeser ke desain CPU 6 belas chip dengan varian Turin Classic“ biasa”. Varian Genoa dikala ini mempunyai 2 belas CCD. Tiap microchip menemukan 32MB L3 cache, sehingga totalnya jadi 512MB. Chip Turin Dense hendak mempunyai 2 belas CCD, tiap- tiap dengan 6 belas core serta cache L3 32MB, dengan total 384MB. Kedua model mempunyai chip I/ O dengan sokongan memori DDR5- 6000, PCIe 5. 0, serta CXL 2. 0.

Belum dikenal secara tentu kapan seri EPYC Turin AMD hendak ada. Perihal ini diperkirakan hendak terjalin pada tahun ini. Chip EPYC Genoa dikala ini dirilis pada akhir tahun 2022, disusul EPYC Bergamo pada Juni 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *