Dukungan Steam Di Os Windows 7, 8, dan 8.1 Resmi Dicabut

Posted on

Valve resmi mencabut dukungan Steam untuk Windows lawas yaitu Windows 7, 8, dan 8.1. Pernyataaan tersebut disampaikan melalui postingan resmi di website mereka. Sebelumnya, banyak gamer yang sudah tahu kalau dukungan Steam untuk OS Windows lawas tersebut memang akan dicabut. Namun Valve baru secara resmi menyatakan penghentian dukungan Steam di OS lawas Windows tersebut pada tanggal 1 Januari 2024.

Dukungan Steam Di Os

Sementara untuk pengguna Windows 8 maupun 8.1, Microsoft juga memberikan persyaratan minimal yang cukup sulit untuk pengguna bisa mengupgrade Windows ke versi terbaru. Jadi mau tak mau, pengguna harus membeli Windows versi terbaru, atau beli PC baru yang sudah menggunakan Windows 10 ataupun Windows 11 untuk bisa menggunakan akun Steam mereka kembali.

Kebijakan ini dilakukan berdasarkan hasil survey dimana pengguna Steam di Windows lawas ini terbilang sangat minim angkanya yaitu hanya sekitar 1%. Dibandingkan dengan Windows 10 yang mencapai sekitar 53,53%, dan Windows 11 yang mencapai 42,04%.

Meskipun angka tersebut kecil, tapi ini sebenarnya akan merugikan bagi pengguna yang memakai OS tersebut. Pasalnya saat ini pengguna OS lawas sudah tidak bisa mengupgrade OS mereka ke versi terbaru secara gratis, khususnya untuk Windows 7. Microsoft telah memperbaiki celah dimana pengguna Windows lawas bisa mengupgrade OS mereka secara gratis ke versi terbaru yaitu Windows 11.

Seperti yang kita ketahui, Microsoft telah secara resmi menghentikan dukungan untuk Windows 7 hingga Windows 8.1 beberapa waktu yang lalu. Oleh karena itu, baik Windows 7, 8, maupun 8.1 tidak akan lagi menerima pembaruan, termasuk pembaruan keamanan yang penting.

Meskipun begitu, banyak pengguna yang masih menggunakan OS tersebut karena masih merasa nyaman dan mudah digunakan, terutama pada perangkat dengan spesifikasi yang tidak memadai untuk menjalankan Windows 10 atau Windows 11.

Terkait ketiga sistem operasi tersebut, ada informasi menarik yang mungkin akan menjadi pertimbangkan untuk melakukan upgrade, yaitu mulai 1 Januari 2024, Steam akan menghentikan dukungan mereka. Setelah tanggal tersebut, Steam Client tidak akan lagi dapat dijalankan pada sejumlah sistem operasi tersebut.

Dengan adanya laporan ini, para pengguna Steam yang masih menggunakan sistem operasi tersebut sebaiknya melakukan upgrade ke sistem operasi yang lebih baru, seperti Windows 10 atau Windows 11. Jika ingin memainkan game tertentu yang didukung oleh Steam OS, bisa juga menggunakan sistem operasi Linux.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *