Dua CPU Baru Intel XEON “Emerald Rapids” Bocor

Posted on

Baru-baru ini, dua CPU Xeon baru, Xeon Platinum 8551C dan Xeon Platinum 8558P, terlihat di Geekbench. Kedua CPU tersebut memiliki 48 core dan 96 thread, diuji pada OS CentOS Linux, kemungkinan pada platform yang sama yang dilengkapi dengan memori DDR5 256GB.

Data dari Geekbench mengungkapkan bahwa kedua CPU mencapai peningkatan hingga 3,17 GHz selama pengujian. Namun, perlu dicatat bahwa Geekbench mungkin memberikan info yang kurang konsisten dan andal untuk CPU dengan jumlah core yang tinggi. Namun, yang tampaknya dapat dikonfirmasi adalah 8551C memiliki base clock 2,9 GHz, sedangkan 8558P beroperasi pada base clock 2,7 GHz.

Dua CPU Baru Intel XEON

Prosesor AMD EPYC Genoa, yang menampilkan konfigurasi 48-core dan TDP 290W, menunjukkan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan CPU Intel Xeon Emeralds Rapids dalam benchmark single-core dan multicore. Meskipun demikian, CPU Intel berhasil mengungguli CPU EPYC 7643 dengan TDP 240W dalam konfigurasi serupa yaitu 48 core dan 96 thread.

Seri Intel Xeon Generasi ke-5 akan dirilis pada 14 Desember. Ini akan hadir bersama dengan platform konsumen seperti Meteor Lake. Saat ini, masih belum jelas apakah Xeon akan meluncurkan jajaran lengkapnya, atau lebih tepatnya mengumumkan beberapa bagian yang telah dikonfirmasi dan kemudian meluncurkan lebih banyak SKU. Namun yang jelas adalah bahwa Intel sedang mengerjakan seri Granite Rapids yang lebih mumpuni, yang diharapkan akhir tahun depan.

Lini Sapphire Rapids bakal mengfungsikan memori DDR8 5-channel sampai 4800Mbps dan mendukung PCIe Gen 5.0 terhadap platform Eagle Stream (chipset C740). Jajarannya meraih 60 core, yang merupakan konfigurasi die unggulan dengan 15 core diaktifkan terhadap masing-masing berasal dari empat die chipset.

Platform Eagle Stream terhitung bakal memperkenalkan soket LGA 4677, yang bakal menggantikan soket LGA 4189 untuk platform Intel Cedar Island & Whitley mendatang, yang masing-masing bakal menampilkan prosesor Cooper Lake-SP dan Ice Lake-SP. Prosesor Intel Sapphire Rapids-SP Xeon terhitung bakal dikirimkan dengan interkoneksi CXL 1.1, menandai tonggak penting bagi tim biru di segmen server.

Dalam hal konfigurasi, bagian atas punyai 60 core dengan TDP 350W. Yang menarik berasal dari konfigurasi ini adalah bahwa itu terdaftar sebagai opsi split baki rendah, yang bermakna bakal mengfungsikan desain ubin atau MCM. Prosesor Sapphire Rapids-SP Xeon bakal terdiri berasal dari 4 ubin, masing-masing dengan 14 inti.

TDP yang dicantumkan di sini adalah untuk peringkat PL1, menjadi peringkat PL2, layaknya yang kita memandang sebelumnya, bakal benar-benar tinggi dalam kisaran 400W+, dan batas BIOS diperkirakan kurang lebih 700W+. Dibandingkan dengan daftar terakhir, di mana sebagian besar SKU masih dalam status ES1/ES2, spesifikasi baru didasarkan terhadap chip akhir yang bakal menjadi dijual.

Unggulan lini ini adalah Intel Xeon Platinum 8490H, yang menawarkan 60 core Golden Cove, 120 thread, cache L112,5 3MB, kecepatan clock all-core 2,9GHz, dan TDP basic 350W. Ini dioptimalkan untuk konfigurasi soket sampai 8, dengan total 480 core dan 960 thread.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *