Secure Erase Cara Hapus Data DI SSD Dengan Efektif Dan Aman

Posted on

Mengamankan data pribadi adalah prioritas utama di era digital dan memastikan bahwa informasi sensitif dihapus dengan aman dari perangkat penyimpanan juga sangatlah penting.

Banyak model Solid State Drive (SSD) dilengkapi dengan fitur yang dikenal sebagai “secure erase” di firmware-nya.Kali ini kita akan membahas tentang fitur ‘secure erase’ pada SSD dan tutorial untuk menghapus data dengan aman. Di era digital ini privasi data adalah hal yang terpenting dan memastikan bahwa informasi sensitif dihapus dengan aman dari perangkat penyimpanan juga sangatlah penting. Banyak model Solid State Drive (SSD) dilengkapi dengan fitur berharga yang dikenal sebagai “secure erase” di firmware-nya.

Dan artikel kali ini kita akan membahas tentang fitur tersebut, juga memberikan kamu tutorial menghapus SSD dengan aman untuk melindungi data dan menjaga privasi kamu.

Secure Erase

Alasan Pentingnya “Secure Erase”

Hmm kira-kira apa ya alasan mengapa secure erase itu penting?Jawabannya adalah karena menghapus file atau memformat SSD mungkin tidak sepenuhnya menghapus data karena tingkat keausan dan teknik penyimpanan lainnya. Fitur secure erase bisa melampaui metode penghapusan standar, sehingga hampir mustahil bagi siapapun untuk memulihkan informasi rahasia pengguna.

Ketahui Model SSD

Model SSD yang berbeda mungkin memiliki variasi dalam prosedur secure erase-nya. Mulailah dengan mengidentifikasi merek dan model SSD yang kamu gunakan. Biasanya kamu bisa menemukan informasi ini di dokumentasi produk atau di situs web produsen.

Jangan Lupa Backup Data

Sebelum memulai secure erase, penting untuk mencadangkan semua data penting yang tersimpan di SSD. Setelah proses penghapusan aman dimulai, semua informasi di drive akan dihapus secara permanen.

Memahami Perintah ATA

Proses secure erase bergantung pada kumpulan perintah Advanced Technology Attachment (ATA). Ini adalah interface standar untuk menghubungkan perangkat penyimpanan ke komputer. Biasakan diri dengan perintah ATA khusus untuk model SSD yang dimiliki, yang dapat ditemukan di dokumentasi pabrikan.

Tutorial Secure Erase

  1.  Akses BIOS/UEFI: Restart komputer dan masuk ke pengaturan firmware BIOS atau UEFI. Kunci untuk mengakses pengaturan ini bisa berbeda-beda (tombol umum mencakup Del, F2, F10, atau Esc).
  2. Temukan Opsi secure erase: Navigasikan ke bagian yang terkait dengan penyimpanan atau pengaturan lanjutan. Cari opsi yang terkait dengan secure erase.
  3. Ikuti Petunjuk di Layar: Setelah menemukan opsi secure erase, ikuti petunjuk di layar untuk memulai proses. Konfirmasikan keputusan dan firmware SSD akan mengambil alih, menghapus semua data di drive dengan aman.

Secure Erase

Penting nih

Pastikan kamu telah memilih drive yang benar untuk “secure erase” ini ya. Memulai proses ini akan menghapus semua data pada drive yang dipilih secara permanen. Periksa kembali cadangan untuk menjamin bahwa informasi penting disimpan dengan aman di tempat lain.

Cara Secure Erase Metode Kedua

  • Download dan instal software EaseUS BitWiper.
  • Pastikan hardisk yang ingin di-secure erase terhubung ke komputer.
  • Cadangkan data penting yang masih ada di hardisk.

Langkah-langkah:

  1. Jalankan EaseUS BitWiper.

  2. Pilih tab “Wipe Disk”.

  3. Pilih hardisk yang ingin di-secure erase. Pastikan Anda memilih hardisk yang benar, karena proses ini akan menghapus semua data di hardisk yang dipilih.

  4. Pilih metode penghapusan. EaseUS BitWiper menyediakan beberapa metode penghapusan, dengan tingkat keamanan yang berbeda. Untuk keamanan maksimal, pilih metode “DoD 3-Pass”.

  5. Klik tombol “Wipe”.

  6. Konfirmasi penghapusan. EaseUS BitWiper akan menampilkan pesan konfirmasi. Pastikan Anda yakin ingin melanjutkan proses penghapusan.

  7. Tunggu proses penghapusan selesai. Proses penghapusan mungkin memakan waktu beberapa jam, tergantung pada kapasitas hardisk dan metode penghapusan yang dipilih.

  8. Klik tombol “Done” setelah proses penghapusan selesai.

Gambar:

Image of EaseUS BitWiper interface

Catatan:

  • Secure Erase hanya dapat dilakukan pada hardisk yang mendukung fitur Secure Erase. Anda dapat memeriksa apakah hardisk Anda mendukung Secure Erase dengan menggunakan software diagnostik seperti HD Tune.
  • Secure Erase adalah proses permanen dan tidak dapat dibalik. Pastikan Anda telah mencadangkan semua data penting sebelum melakukan Secure Erase.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *