Penampakan GeForce RTX 4060 Ti 16GB Dengan Blower Slot Tunggal Pertama

Posted on

Penampakan GeForce RTX 4060 Ti 16GB Dengan Blower Slot Tunggal Pertama – Colorful baru-baru ini meluncurkan RTX 4060 Ti 16GB, kartu ini memiliki panjang 26,7 cm dan uniknya hanya menempati satu slot (dengan profil tinggi 2 cm). Dilengkapi dengan pendingin bergaya blower yang ramping, yang mengeluarkan udara melalui celah kecil yang terletak di atas konektor layar. Mengingat profil kartu yang ramping dan kipas yang relatif kecil, kartu ini diperkirakan akan menghasilkan suara bising. Tapi, tingkat kebisingan mungkin tidak menjadi masalah yang signifikan, mengingat skenario penggunaan yang dimaksud untuk kartu tersebut.

Penampakan GeForce RTX 4060 Ti 16GB

Meskipun 115W RTX 4060 non-Ti mungkin tampak seperti pilihan yang sangat baik untuk desain slot tunggal, namun belum mendapat banyak perhatian dari mitra dewan di ceruk khusus ini. Sebagian besar perusahaan cenderung memusatkan upaya mereka pada desain kipas ganda dan slot ganda yang lebih besar, yang disukai oleh para gamer karena tingkat kebisingan yang lebih rendah dan estetika yang unggul. Meskipun beberapa perusahaan telah memperkenalkan Mini-ITX dan desain low-profile, tidak adanya konfigurasi slot tunggal, belum lagi pendingin bergaya blower, cukup jelas terlihat.

Demikian pula, model 165W RTX 4060 Ti kurang mendapat perhatian dalam konteks ini, dengan hanya segelintir perusahaan yang menawarkan kartu Mini-ITX. Namun, diperkenalkannya varian 16GB menunjukkan bahwa pengguna yang membutuhkan GPU berkapasitas tinggi untuk tugas-tugas yang membutuhkan banyak memori, terutama ketika bekerja dalam lingkungan cluster, mungkin menganggap solusi tersebut diperlukan. RTX 4060 Ti 16GB by Colourful yang baru saja diluncurkan sepertinya menyasar segmen pasar khusus ini.

Fitur menariknya adalah penempatan konektor power 8-pin di bagian belakang, yang lebih umum dikaitkan dengan GPU workstation. Model ini membanggakan GPU AD106 dengan 4352 inti CUDA dan dilengkapi dengan memori GDDR6 16 GB, meskipun dibatasi pada lebar bus 128-bit dan bandwidth 288 GB/s. Perlu disebutkan bahwa antarmuka PCIe juga dibatasi hingga 8 jalur, namun hal ini memungkinkan pengguna untuk memasang lebih banyak kartu ini ke dalam sistem mereka.

Saat ini tidak ada informasi mengenai harga atau jejak model tersebut di situs web Colourful. Ada kemungkinan bahwa, mirip dengan kebanyakan pendingin bergaya blower, kartu ini akan dijual secara tidak resmi ke OEM dan integrator sistem tertentu, karena NVIDIA tidak senang dengan kartu GeForce yang bersaing dengan solusi workstation RTX ADA yang jauh lebih mahal.

Bagi pengguna yang mencari solusi serupa, alternatif yang dapat dipertimbangkan mencakup desain triple-fan dan low-profile RTX 4060 dari Gigabyte atau model NVIDIA RTX 4000 SFF ADA dengan memori 20 GB dan menampilkan GPU AD104, yang harganya setidaknya dua kali lipat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *