RTX 4090D Untuk China Punya Core Lebih Kecil Dan Base Clock Lebih Tinggi Dari RTX4090?

Posted on

RTX 4090D Untuk China Punya Core Lebih Kecil Dan Base Clock Lebih Tinggi Dari RTX4090? – NVIDIA dilaporkan sedang dalam tahap akhir untuk menyelesaikan dugaan adanya RTX 4090D, seperti yang ditunjukkan oleh leaker terkenal MEGAsizeGPU. Kartu tersebut diperkirakan akan diluncurkan tahun depan dan konon memiliki fitur pengurangan spesifikasi AD102 untuk memenuhi kriteria ekspor AS. GeForce RTX 4090D (dengan ā€œDā€ melambangkan Dragon), saat ini sedang dikembangkan untuk pasar China. Karena pembatasan ekspor AS pada akselerator performa tinggi berbasis GPU, sedangkan China dikecualikan dari pasokan AD102- 300 GPU. Larangan ekspor RTX 4090 mulai berlaku pada pertengahan November setelah terdaftar sebagai ekspor terlarang pada bulan Oktober. Mitra dewan direksi China masih memiliki stok GPU AD102, tetapi stoknya sudah habis.

RTX 4090D Untuk China Punya Core Lebih Kecil

Menanggapi pembatasan ini, NVIDIA membuat SKU baru dengan spesifikasi serupa namun tidak identik. GPU AD102 diperkirakan memiliki jumlah core CUDA yang lebih sedikit, meskipun jumlah pastinya masih belum dapat dikonfirmasi. Mengenai kecepatan clock, laporan menyarankan base clock 2280 MHz dan boost clock 2520 MHz untuk GPU.

Kartu ini kemungkinan akan mempertahankan konfigurasi memori GDDR6X 24 GB, namun rincian spesifik seperti kecepatan clock memori dan TDP masih belum diselesaikan. Jelas bahwa NVIDIA bermaksud untuk tetap mendekati spesifikasi aslinya untuk memastikan kesinambungan lini produksi RTX 4090.

Menurut laporan sebelumnya, RTX 4090D dijadwalkan untuk diluncurkan pada bulan Januari. NVIDIA memiliki acara khusus yang dijadwalkan untuk peluncuran RTX 40 SUPER di CES. Namun masih belum pasti apakah RTX 4090D akan dihadirkan secara resmi pada acara tersebut atau dirilis diam-diam secara eksklusif untuk pasar China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *